Search This Blog

Friday 5 May 2017

Cara Membongkar Laptop

Jika, membahas masalah bongkar – membongkar perangkat komputer sepertinya sudah cukup mudah. Pasalnya semua perangkat komputer memang cukup mudah untuk dibongkar pasang. Tapi, bagaimana dengan laptop? Banyak yang masih takut dan ragu – ragu untuk membongkar laptopnya sendiri. Saya sendiri sih masih agak ragu untuk membongkar sebuah laptop, jika laptop tersebut bukanlah laptop yang biasa Saya bongkar. Tapi, Anda tidak akan menemukan pengetahuan tanpa ada uji coba terlebih dahulu, asal uju cobanya jangan sampai menimbulkan kerusakan yah.
Komponen hardware dari laptop dan komputer memang cukup berbeda jauh. Komponen hardware pada komputer memang diciptakan terpisah pada awalnya dan bentuknya besar sehingga mudah untuk terlihat. Berbeda dengan laptop, dari bentuknya saja yang portable dan mini sudah tentu komponen dalamnya juga berbentuk mini. Komponen dalam laptop juga terbilang cukup rapat satu sama lain, sehingga membuatnya sulit untuk dilihat. Tapi, pada dasarnya komponen dasar seperti motherboard memiliki port dan slot yang sama seperti PC, hanya saja dibuat lebih kecil.
Permasalah yang biasa terjadi pada sebuah laptop sehingga harus mengalami pembongkaran adalah laptop cepat panas. Permasalahan panas ini biasanya karena banyaknya debu yang menutupi sistem sirkulasi udara atau kipas pada processor laptop Anda, sehingga harus dibersihkan. Nah, tanpa panjang lebar lagi mari kita mulai langkah – langkah dalam membongkar dan membersihkan laptop ini.
  • Siapkan peralatan seadanya
Peralatan seadanya di sini bukanlah peralatan makan atau camping ya. Tapi, peralatan bongkar eletktronik seperti obeng dalam berbagai bentuk kecil besar kembang atau lempeng. Kuas sebagai alat pembersih, dan jika Anda memiliki kompresor kecil akan lebih bagus lagi daripada Anda harus meniupnya.
  • Buka keyboard
Untuk membuka keyboard pada laptop caranya cukup mudah. Anda hanya harus menemukan pin pada keyboard tersebut, kemudian dengan sedikit cungkilan maka Anda sudah bisa membukanya. Pin setiap keyboard laptop memang berbeda tempat, sebaiknya buka buku petunjuk dari laptop Anda tersebut untuk mengetahui bagian – bagian dari laptop Anda. Jangan lupa membuka kabel fleksibel keyboard laptop Anda, jangan asal tarik saja.
  • Lepas semua baut
Cari semua baut pada laptop kemudian gunakan obeng tadi untuk membukanya. Posisi setiap baut bisa Anda temukan pada setiap sudut dari laptop tersebut. Tapi, pada kasus ini Anda hanya akan membersihkan kipas processor saja yang biasanya akan terlihat ketika Anda sudah berhasil membuka keyboard laptop tersebut. Tapi, tidak semuanya sih, hanya beberapa laptop tertentu saja.
  • Tarik CD Rom keluar dari casing
  • Balik laptop Anda dan buka baut belakang casingnya.
  • Setelah casing belakangnya terbuka, akan terlihat komponen laptop Anda keseluruhan.
  • Bukalah baterai terlebih dahulu, kemudian lepas hardisk, dan RAM
  • Setelah semua terbuka, bukalah penutup casing atas laptop.
  • Dan setelah terbuka bagian motherboard akan terlihat secara utuh. Silahkan Anda mulai membersihkannya dengan menggunakan kuas atau facum.




sumber : http://segiempat.com

No comments:

Post a Comment