Search This Blog

Sunday 23 April 2017

Pentingnya Menuntut Ilmu Dalam Islam



Kita sebagai umat Islam, harusnya mengerti betapa pentingnya menuntut ilmu. Ilmu sangat penting karena ilmu sebagai perantara untuk bertaqwa. Dengan ilmu inilah manusia menerima kedudukan terhormat disisi Allah, dan keuntungan yang abadi.
          Sebagaimana dikatakan Muhammad bin Al – Hassan bin Abdullah dalam syairnya :
“Belajarlah ! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya, dia perlebihan, dan pertanda segala pujian. Jadikan hari – harimu untuk menambah ilmu. Dan berenanglah di lautan ilmu yang berguna”

Ilmu agama adalah ilmu yang paling unggul karena dengan ilmu itu dapat membimbing menuju kebaikan dan ketaqwaan. Ilmu paling lurus untuk dipelajari ialah ilmu yang menunjukkan kepada jalan yang lurus, yakni jalan petunjuk. Allah SWT. yang dapat menyelamatkan manusia dari segala keresahan. Oleh karena itu para ahli ilmu agama mengatakan bahwa bersifat wara’ lebih berat bagi setan daripada menggoda seribu ahli ibadah tapi bodoh.

Menurut Kitab Kuning Terjemahan Ta’lim Muta’allim menuntut ilmu hendaknya memilih mana yang terbagus dan dibutuhkan dalam kehidupan agamanya pada waktu itu, lalu yang untuk waktu yang akan datang. Hendaknya lebih dulu mempelajari ilmu Tauhid, mengenali Allah SWT. lengkap dengan dalilnya. Karena orang yang imannya taklid sekalipun menurut pendapat kita sudah sah, adalah tetap berdosa karena ia tidak mau beristidlal dalam masalah ini. Hendaknya pula memilih ilmu – ilmu yang kuna, bukan yang baru lahir
          Sebagaimana kata para alim ulama, yakni :
          “Tekunilah ilmu kuna, bukan yang baru saja ada.”

Dan janganlah engkaru terpengaruh oleh pembantahan yang tumbuh subur setelah habisnya ulama – ulama besar, sebab menjerumus untuk menjauhkan pelajar dari Ilmu Fiqih, hanya menghabiskan usia dengan  tanpa guna, menumbhkan sikap anti-pati/buas dan gemar bermusuhan. Dan itulah termasuk tanda – tanda kiamat akan tiba serta lenyapnya pengetahuan – pengetahuan lain.

No comments:

Post a Comment