Search This Blog

Saturday 22 April 2017

Contoh Teks Ulasan




Judul
                           : Membangun Pertahanan Keamanan Negara
Penulis                       : Chappy Hakim
Penerbit                     : Kompas
Kota tempat terbit  : Jalan Palmerah Selatan 26 – 28, Jakarta
Tahun terbit             : Cetakan I, 2016
Tebal Halaman       : 368 halaman termasuk juga tentang penulis

Membangun Pertahanan Keamanan Negara



Membangun Pertahanan Keamanan Negara adalah novel karya Chappy Hakim. Novel ini menceritakan sistem pertahanan keamanan negara dalam arti luas agar mudah dipahami oleh masyarakat awam. Selama ini, generasi muda Indonesia belum memperoleh pemahaman yang baiktentang wawasan kebangsaan, termasuk tentang kewajiban bela negara dan wajib militer serta pengertian-pengertian yang berhubungan dengan pertahanan keamanan negara dan angkatan perang.

      Pada bab pendahuluan buku ini, Chappy Hakim menceritakan tentang pengertian umum dari pertahanan dan keamanan negara, termasuk mengenai tujuan negara dan perencanaan strategis yang mempengaruhinya. Seperti yang tercantum dalam UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dikemukakakn bahwa sistem pertahanan negar bersifat semesta. Melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.

      Kegiatan wajib militer atau national service banyak memberi manfaat pada perkembangan pembinaan sosial kemasyarakatan. Kegiatan tersebut dapat mengantar anak-anak tumbuh dewasa dengan kesadaran yang tinggi akan tanggung jawabnya sebagai seorang warga negara yang baik.
      Pada bab-bab berikutnya pembaca akan dipaparkan tentang humbungan antara kemajuan teknologi dan pertahanan semesta, dinamika lingkungan di Indonesia yang sesuai dengan masalah pertahanan dan keamanan negara. Kemudian, diskusi tentang wujud angakatan perang dan dikemukakan peran industri pertahanan Indonesia. Pada akhirnya, novel ini akan diakhiri dengan kesimpulan beserta saran.

      Novel ini disajikan dengan bahasa yang menarik untuk dibaca. Sampul novel ini pun dikemas dengan cukup menarik. Sehingga dapat menarik minat pembaca untuk memiliki novel ini. Namun, novel ini banyak kalimat yang menggunakan Bahasa Inggris.  Sehingga masyarakat awam akan sulit untuk memahami kalimat tersebut. Dengan membaca buku ini, anda akan mengetahui bahwa Chappy Hakim adalah pribadi yang cerdas dan pandai dalam mengolah kata serta ia dapat berbahasa Inggris.

                Dengan mengesampingkan kekurangan tersebut, novel ini sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini dapat memunculkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara, bela negara, sekaligus dapat menumbuhkan kebanggaan menjadi Warga Negara Indonesia.

No comments:

Post a Comment